Zodiak dalam Pandangan Islam

Karakteristik orang tidak ditentukan dari tanggal kelahirannya, melainkan ditentukan oleh banyak faktor lainnya.

Misalnya faktor genetis, di mana karakter orang tua biasanya memang menurun kepada anaknya. Juga dimungkinkan pembentukan karakter dari faktor lingkungan (bi’ah), di mana memang terbukti bahwa lingkungan itusangat berperan dalam membentuk karakter seseorang.

Bahkan tidak jarang bahw faktor kejadian penting yang membekas, seperti trauma dan sejenisnya, mungkin saja membelokkan atau paling tidak akan berpengaruh pada perangai seseorang.

Tapi sama sekali tidak ada pengaruhnya bila dikaitkan dengan tanggal, bulan atau tahun kelahiran. Apalagi dikaitkan dengan zodiak yang pada hakikatnya tidak lain adalah kepercayaan syirik kepada benda-benda langit.

Kesyirikan masalah zodiak ini semakin terasa kalau kita cermati istilah-istilah zodiak. Ternyata nama-nama bintang itu mengacu kepada nama-nama berhala. Padahal Islam diturunkan justru untuk memberantas berhala-berhala itu serta kepercayaan bahwa berhala dan konstalasi bintang itu berpengaruh pada nasib dan peruntungan manusia.

Kalau pun ada pengaruh benda-benda langit atas apa yang terjadi di muka bumi, hanya sebatas ilmu astoronomi, yang bermanfaat untuk mengetahui musim tanam buat petani, atau untuk para pelayar dalam menentukan arah.

Namun tidak ada kaitannya dengan karakter, sifat apalagi nasib seseorang.

Wallahu a’lam bishshawab

 

 

 

Cuma seseorang yang bercita-cita menjadi orang yang bermanfaat bagi sekitarnya saja, salah satunya melalui blog ini.

Previous

Next

Submit a Comment

Your email address will not be published.