21 RENUNGAN YANG MEMOTIVASI BAGI KITA dari Buku “Menguak Kehidupan Islam di Bali” (MKIB)

21 RENUNGAN YANG MEMOTIVASI BAGI KITA
(Dikutip dari buku Jangan Khawatir dan JAngan Bersedih hati/ JKJBH, karya Moeslih Rosyid)
1. Sahabat, jangan mengharapkan apa yang tidak Anda usahakan. Bukan saja sia-sia tetapi apa Anda tidak malu? So, bekerjalah dan berjuanglah untuk semua yang Anda inginkan. Jangan lupa minta izin dan meminta kepada-Nya untuk merealisasikannya. Selamat menjadi 24 karat

2. Sahabat, kalau ingin mengetahui tingkat kesuksesan kita, lihatlah seberapa besar kita menjadi asbab sukses orang lain. Seberapa banyak kita menjadi asbab kebaikan meski kita sendiri kadang dibenci, dan seberapa bermanfaat kita bagi orang lain. Jadi bukan dari seberapa banyak pujian datang kepada kita. Selamat menjadi 24 karat

3. Sahabat, jangan sia-siakan ibadah kita dengan ibadah kosong. Misalnya kita shalat tahajud, dhuha dan ibadah ainnya tanpa diiisi degan doa. isilan setiap ibadah dan perbuatan baikkita dengan perohonan kepada Allah. Karena berdoa adalah perintah-Nya. Jika bukan kepada Dia, lalu kepada siapa lagi kita akan meminta? Insya Allah, cepat atau ambat dengan berbagai bentuknya, apapun permohonan Anda akan dikabulkan. Selamat menjadi 24 karat
Motivasi Penebar Damai dan Rahmat di Bumi | 281

4. Sahabat, hal yang paling penting dan paling berharga di dunia ini adalah hidayah dari Allah Swt. Kalau bukan karena hidayah-Nya tidak mungkin kita bisa menjadi seperti ini yang bisa terus bersyukur dan berterima kasih atas semua hal yang terjadi pada kita. Sekali lagi, bersyukurlah atas apa yang Anda alami selama ini. Berterima kasihlah kepada Allah untuk semua pegetahuan dan pemahaman Anda tentang berbagai hal, niscaya semuanya akan menjadi berlipat ganda. Selamat menjadi orang bahagia.

5. Wahai yang merasa terancam oleh himpitan kebutuhan, kecemasan, kesengsaraan dan kegundahan, kunjungilah taman-taman kebajikan dan majelis-majelis yang membahas kebaikan. Sibukkan diri Anda dengan memberi, mengunjungi, membantu, menolong dan meringankan beban sesame, niscaya semua hal buruk tadi akan hilang dan berganti dengan kebahagiaan. Tidak mampu melakukannya? Mustahil, karena Allah memastikan Anda bisa. Selamat menjadi orang berbahagia

6. Hari ini milik Anda yang menginginkan kehidupan paling indah dan menyenangkan. Bukan kemarin atau besok. Besok adalah misteri dan bukalah dengan memberikan yang terbaik sekarang ini.

7. Kalau boleh saya tebak, Anda selama ini seringkali memikirkan sesuatu yang tidak ada, sehingga lupa mensyukuri yang ada. Padahal karena itulah jiwa mudah tergoncang menjalani hidup yang hanya permainan ini. Obatnya hanya satu, bersyukur kepada ALLAH
282 | Menguak Kehidupan Islam di Bali

8. Beruntung itu adalah kalau apa yang kita lakukan dan dapatkan dalam hidup ini bisa menambah ilmu, pengalaman dan wawasan. Lalu kita dimampukan untuk bisa bersyukur atas semuanya. Bukan mengeluhkan yang pasti membawa sengsara.

9. Apapun yang kita lakukan harus kemudian bisa meingkatkan empat kecerdasan. Apa itu? (1) Kecerdasan spiritual (2) kecerdasan emosional (3) kecerdasan intelektual dan (4) kecerdasan sosial. Jika tidak, mari kita evaluasi lagi.

10. Sahabat, jika kita sudah yakin bahwa pembagi rejeki adalah Allah Swt, maka bisnis kita adalah dengan-Nya. Karenanya kita hars waspada terhadap bisnis kita yang tidak menjadi amal, tidak menjadi ilmu, memutuskan silaturahim, dan mengecewakan orang lain.

11. Kadang kita menyesal bukan terhadap apa yang telah kita lakukanm, tetapi lebih banyak menyesal terhadap apa yang tidak kita lakukan. So, jangan takut dengan kata gagal atau salah. Karena kita adalah makhluk yang pasti salah dan lupa. Hanya perlu diingat, semuanya ada aturannya.

12. Jika Anda tidak menyibukkan waktu dengan ketaatan, maka waktu Anda akan disibukkan dengan kemaksiatan. Maka mencari tempat-tempat majelis ilmu insya Allah hal terbaik yang bisa kita lakukan. Apapun dan dimanapun ia berada.

13. Kita terlalu sering berkeinginan apa yang kita kehendaki dituruti oleh orang lain. Bahkan terkadang kita marah saat apa yang kita kehendaki tidak dilaksanakan. Ketahuilah, bahwa sebaik-baik cara mengajak adalah dengan sikap
Motivasi Penebar Damai dan Rahmat di Bumi | 283
baik yang kita tunjukkan kepada orang. Hidayah dari Allah akan menyempurnakan usaha kita. Wallahu a’lam

14. Saya yakin Anda tidak keberatan saat sampah yang Anda buang lenyap tanpa bekas. Demikian pula seharusnya amal shaleh yang dilakukan. Tidak ingin dipuji, tidak mengharap balasan, tidak memamerkan dan hal sejenisnya.

15. Saat kita ingin berpaling dari Allah, niscaya Anda akan mendapatkan gerakan terasa hampa dan kekecewaan semakin dekat. Itulah mengapa shalat dan ibadah lainnya bukan untuk Allah tetapi ntuk diri kita sendiri.

16. Jika Anda punya pendapat, sampaikan. Siapa tahu pendapat yang Anda sembunyikan justru adalah solusi terbaik. Hanya saja harus disampaikan secara hikmah dan baik..

17. Semua orang mendapat jatah waktu yang sama dalam sehari, 24 jam. Namun pendapat mereka banyak yang berbeda. Ada yang mengatakan 24 jam tidak cukup dan ada pula yang sangat santai. Pertanyaannya, sudah cukup produktifkah Anda untuk urusan dunia dan akhirat? Jawabannya ada dalam diri Anda sendiri. Evaluasilah dengan mencatatnya.

18. Dari hasil penelitian yang saya lakukan, memaafkan adalah perkara yang sangat sulit untuk dilaksanakan. Padahal jika kita ingin hidup sehat, aman dan sukses serta damai, maka memaafkan menjadi syarat mutlaknya.

19. Menunda akan melipatgandakan beban di kemudian hari. Ingat , umur kita terbatas, jangan sampai Anda menyesal di kemudian hari. Apa yang bisa dilakukan sekarang, lakukan!!
284 | Menguak Kehidupan Islam di Bali

20. Sikap orang terhadap kita adalah cerminan sikap kita pada orang lain. Tidak perlu marah kalau ada orang yang tidak sopan kepada kita. Cukuplah berintrospeksi lalu merubah hal yang buruk yang biasa kita lakukan. Gitu aja kok repot.

21. Menyalahkan dan mencela hanya dilakukan oleh orang yang tidak paham. So, sebaiknya belajar dulu baru berkomentar. Allah menciptakan dua mata, dua telinga dan satu mulut, ya untuk diambil pelajaran tentangnya

Seorang penulis dan blogger dengan sudut pandang yang banyak dibilang “mbeling”, sekaligus seseorang yang berobsesi untuk menjadi pengusaha dengan jalan ilahiah dan rosulillah

Previous

Next

Submit a Comment

Your email address will not be published.